Cara Hemat Baterai Android Tanpa Aplikasi

Cara Hemat Baterai Android Tanpa Aplikasi

Cara Hemat Baterai Android Tanpa Aplikasi ─ Baterai memang menjadi bagian yang paling penting di setiap smartphone. Oleh sebab itu, habisnya baterai secara tiba-tiba menjadi keresahan bagi semua orang. Banyak faktor penyebab borosnya baterai android. Dan pada kesempatan ini, kami akan memberikan bagaimana cara hemat baterai di hp android sehingga smartphone android dapat bertahan dalam waktu yang lebih lama.

Cara Hemat Baterai Android Tanpa Aplikasi


#1. Gunakan wallpaper hitam

Hemat Baterai Android

Wallpaper berwarna gelap seperti hitam dan abu-abu sudah terbukti lebih menghemat baterai dibanding warna-warna cerah. Apalagi jika kamu menggunakan smartphone yang berlayar AMOLED, tips ini wajib untuk dilakukan. Faktanya, ketika kamu memasang wallpaper berwarna hitam secara otomatis pixel menjadi gelap sehingga layar tak membutuhkan banyak daya untuk menampilkan warna terang.

#2. Aktifkan mode Doze

Hemat Baterai Android

Fitur keren yang hanya ada untuk Andorid Marshmallow ke atas ini sangat berguna untuk kita ketika sedang ingin menghemat baterai. Pada dasarnya, fitur ini aktif secara default pada smartphone android ketika baterai mendekati ajalnya.

Doze memungkinkan perangkat android untuk masuk ke mode hibernasi ketika smartphone tidak digunakan dalam jangka waktu lama. Android sendiri mengklaim fitur Doze akan menghemat baterai hingga 3X lipat. Untuk mengaktifkan fitur ini Anda bisa masuk ke menu Setting -> Battery -> Battery Saver -> Aktifan Mode Doze.

#3. Matikan Google Hotword


Hemat Baterai Android

Tahukan Anda ketika kita memakai fitur aplikasi Google Now, sensor pendengar suara yang ada pada smartphone terus menyala? Mungkin fitur Google Now bisa mempermudah dan mempercepat pekerjaan kita. Namun jika diaktifkan secara terus menerus hal ini dapat menjadi bumerang untuk baterai Android. Untuk menonaktifkannya, Anda bisa masuk ke menu Google Settings ->Voice -> Oke Google. Lalu nonaktifkan personal result, always on, dan from the google tap.

#4. Tutup program background

Hemat Baterai Android

Mungkin benar dengan multitasking kita bisa menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan, namun nyatanya hal ini berdampak buruk untuk ketahanan baterai Android. Semakin besar kinerja RAM semakin cepat pula baterai smartphone habis. Untuk itu, jika ingin menghemat baterai Android, kami sarankan untuk menutup aplikasi yang tidak dipakai. Selain itu, matikan juga fitur auto-update aplikasi pada Google Play Store.

#5. Matikan getar

Efek getar atau vibrate pada smartphone baik itu Android dan smartphone lainnya nyatanya dapat membuat baterai boros. Oleh sebab itu, nonaktifkan saja getar dan haptic feedback pada smartphone. Namun jika dirasa perlu, Anda bisa mengaktifkannya kembali hanya untuk kebutuhan tertentu, seperti pemberitahuan seperti telepon atau SMS.

#6. Gunakan mode airplane

Hemat Baterai Android

Cara ini dirasa sangat efektif bagi kamu yang mengharapakan baterai menjadi lebih awet. Matinya WiFi dan jaringan data ponsel ketika tidak dibutuhkan akan menghemat penggunaan baterai sampai dengan 30 persen.

#7. Kurangi widget

Hemat Baterai Android

Perlu diketahui, widget-widget yang ada pada smartphone juga dapat memperboros penggunaan baterai. Jadi, jangan gunakan widget secara berlebihan. Selain itu, hindari widget-widget seperti Twitter, widget cuaca, gmail dan sejenisnya, Karena widget seperti itu terus melakukan update rutin sehingga RAM dan data seluler akan bekerja terus menerus.

Nah, itulah beberapa Cara Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi, ikuti terus SINOTEKNO untuk update tentang tips Android dan juga Tips komputer. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar