Cara Mengatasi Error Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti

Tips memperbaiki Error Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti - Sebagai pengguna android anda tentu sering download aplikasi tertentu yang dirilis oleh para developer dan tersedia secara lengkap di web official Google yang menyediakan aplikasi resmi untuk pengguna android yaitu Google Play Store, didalamnya ada ribuan ribu aplikasi gratis maupun aplikasi berbayar yang bisa kita download dan install ke smartphone yang kita pakai.

Error Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti

Tapi kadang-kadang ada beberapa kasus yang dikeluhkan oleh para pengguna smartphone Android ketika lagi asyik memainkan aplikasi tertentu misal BBM atau game COC tiba-tiba muncul pesan error pada layar smartphone yang memunculkan peringatan “Unfortunatelly google play service has stopped”  atau dalam bahasa indonesia “sayangnya layanan google play telah berhenti”  dan  aplikasi yang sedang kita buka malah akan keluar secara tiba-tiba, tentu saja hal ini sangat menjengkelkan padahal kita sedang dalam kondisi penting atau lagi asik-asiknya, lalu bagaimana mengatasinya error pada layanan google play?

layanan google play terhenti selalu muncul

Banyaknya keluhan layanan google play terhenti dari para pengguna smartphone android SINOTEKNO akan menyiapkan solusinya pada postingan kali ini yang berisikan Cara Mudah Mengatasi Error Sayangnya Google Play Service Telah Berhenti pada HP android (unfortunatelly google play service has stopped), lebih jelasnya simak satu persatu tips dibawah ini:

Cara Mengatasi Error Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti


Tips Pertama - Update layanan google play service

Pesan error pada google play service yang muncul ketika anda sedang menggunakan salah satu aplikasi dan tiba tiba keluar bisa jadi karena sistem aplikasi google play service sudah tidak cocok/compatible sehingga harus untuk di update.

Untuk mengatasi layanan google play terhenti ini  anda bisa mengupdate google play service dengan cara aktifkan smartphone anda setelah itu masuk ke menu pengaturan dan klik aplikasi selanjutnya cari google play service atau layanan google play dan hapus. Setelah terhapus anda masuk ke aplikasi google play dan cari layanan google play untuk kemudian kita download, biasanya versi yang terdownload adalah versi terbaru google play service dan alhasil error dapat teratasi.

Tips Kedua - Clear cache aplikasi layanan google play service

Untuk membersihkan cache pada aplikasi google play service kita hanya perlu masuk ke menu pengaturan dan klik aplikasi >> cari dan klik layanan google play service dan klik tombol clear cache atau force stop kalau perlu setelah itu anda bisa klik tombol hapus data. Maka cache pada layanan google play service akan hilang.

Tips Ketiga - menghapus cache pada google service framework

Cara berikut ini juga bisa kita apikasikan jika cara cara diatas masih belum dapat memperbaiki pesan error yang terus muncul. Caranya adalah menghapus cache dari google service framework.

Pertama kita masuk ke menu pengaturan dan klik aplikasi kemudian cari google framework service dan setelah itu ada beberapa tombol seperti clear cache dan force stop, maka klik force stop dan kemudian klik clear cache setelah itu maka aplikasi google framework akan bersih dari cache.

Tips Kempat - Menghapus cache dari google playstore

Caranya sama seperti menghapus cache pada step tips ketiga diatas yakni dengan masuk ke menu pengaturan dan mulai cari aplikasi google playstore dan klik clear cache pada aplikasi google play storenya maka dengan begitu cache dan file sampah akan terhapus.

Tips Kelima : Merestart android

Jika sering kali perangkat android tiba-tiba lemot maka bisa jadi banyak penumpukan file pada system android ataupun RAM penuh sehingga kerja android menjadi berat dan memunculkan pesan error atau tiba-tiba anda keluar dari aplikasi yang sedang dimainkan. Maka solusi mudahnya adalah dengan restrat perangk android anda sehingga aplikasi yang berjalan dibelakang layar bisa tertutup dan kinerja RAM akan kembali lancar. Dengan merestart android tadi maka system android akan lebih segar dan lebih smoth ketika digunakan.

Tips Keenam : Mereset ulang aplikasi

Reset ulang aplikasi bisa juga untuk merefresh system sehingga system yang menumpuk seperti cache dan file sampah bisa hilang dan pesan Sayangnya Google Play Service Telah Berhenti bisa hilang, caranya :

Pertama anda klik pengaturan kemudian masuk ke menu aplikasi setelah masuk anda klik tiga titik dikanan atas kemudian muncul 3 opsi dan anda pilih preferensi reset app preferences dan semua aplikasi akan tereset.

Tips Ketujuh : Mereset ulang system Android

Cara ini merupakan cara jitu jika cara 1 sampai 6 masih belum mengatasi permasalahan Error Sayangnya Google Play Service Telah Berhenti pada ponsel anda, perhatikan tips ini sangat beresiko dengan hilangnya beberapa data seperti percakapan,log, data dari aplikasi, dan data lainnya maka untuk itu anda harus untuk membackup data terlebih dahulu dengan aplikasi backup bawaan atau jika tidak ada kamu download dulu aplikasi backup untuk android anda.

Dengan mereset ulang smartphone android, maka ketika kembali dinyalakan maka ponsel akan terasa seperti baru dibeli dari toko karena didalamnya tidak ada settingan apapun ataupun aplikasi favorit yang sudah kamu download maka untuk itu diperlukan backup. Cara mereset android anda adalah:

Masuk ke menu setting dan cari menu backup dan reset setelah itu muncul opsi setel ulang pabrikan/ factory data reset atau reset device silahkan klik setelah sebelumnya anda sudah membackup data yang anda miliki. Tunggu prosesnya selesai dan ponsel akan kembali nyala dalam kondisi sepeti baru pertama kali anda membelinya.

Nah, dari semua cara diatas bisa kita terapkan pada semua versi smartphone. Kamu bisa memulai dengan tips pertama, jika gagal dengan menggunakan tips pertama, kamu bisa menggunakan tips kedua dan seterusnya. 

Oke demikianlah postingan Cara Mudah Mengatasi Error Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti pada hp android. Semoga dengan tips error layanan google play terhenti selalu muncul ini bisa teratasi.

Tidak ada komentar