Cara Mengecilkan File PDF Menjadi 200kb Secara Online

PDF adalah salah satu jenis format file yang banyak digunakan untuk membuat dokumen. Saat ini banyak sekali dokumen atau ebook yang ada di internet menggunakan PDF. Biasanya mahasiswa sering menggunakan PDF ini untuk mengerjakan tugas atau mengirim dokumen melalui email. Sedangkan untuk para perkerja sering menggunakan PDF untuk membuat dokumen dan bahkan untuk para pelamar pekerjaan biasanya disuruh membuat lamaran dengan menggunakan file PDF.

Biasanya, setiap perusahaan meminta ukuran PDF yang kecil. Hal ini bertujuan untuk menghemat storage/media penyimpanan pada web mereka. Terkadang kalau kita membuat file PDF, ukuran dari file PDF tersebut sangat besar, baik itu hasil dari scan maupun dari PDF yang kita buat sendiri. Padahal untuk melamar pekerjaan tersebut kita diharuskan untuk mengunggah file pdf dengan ukuran 200kb.

Untuk mengatasi hal ini, saya punya Cara Mengecilkan File PDF Menjadi 200kb. Cara mengecilkan ukuran file PDF ini adalah secara online, jadi kita tidak perlu lagi menginstal software tambahan. Saya merekomendasikan 2 website untuk mengecilkan file PDF. Berikut ini adalah 2 website tersebut.

1. smallpdf.com

Cara Mengecilkan File PDF Menjadi 200kb

Website smallpdf.com adalah salah satu platform yang bisa kita gunakan untuk mengecilkan ukuran file pdf kita. Banyak kelebihan dari website ini diantaranya adalah kita bisa mengecilkan ukuran file pdf, bisa mengubah format file pdf ke file lain, menggabungkan file pdf, mengedit file pdf, dan website ini gratis.

Cara pakai :
  1. Kunjungi website www.smallpdf.com
  2. Pilih fitur Compress PDF
  3. Klik Choose File/Cari file
    Cara Mengecilkan File PDF Menjadi 200kb Secara Online
  4. Cari file PDF yang ingin dikecilkan ukurannya.
  5. Setelah itu, tunggu proses upload dan akan diteruskan ke proses compress ketika proses upload selesai.
  6. Selesai, sekarang file pdf kamu sudah tercompress, jangan lupa untuk download filenya.
    Cara Mengecilkan File PDF Menjadi 200kb Secara Online

2. ilovepdf.com


Cara Mengecilkan File PDF Menjadi 200kb Secara Online

Selain smallpdf.com, ada yang namanya ilovepdf.com yang dimana website ini bisa digunakan untuk mengecilkan file pdf menjadi 200kb. Situs ini memiliki fitur yang hampir sama dengan smallpdf.com. Selain compress pdf, ilovepdf.com juga memiliki fitur seperti menggabungkan 2 file pdf menjadi 1, mengubah file pdf ke word dan masih banyak lainnya.

Cara pakai :

  1. Kunjungi website www.ilovepdf.com
  2. Pilih fitur Compress PDF
  3. Klik Choose File/Cari file
    Cara Mengecilkan File PDF Menjadi 200kb Secara Online

  4. Setelah pemilihan file, kita akan temui level dari kompresi yang disediakan oleh ilovepdf. Ada 3 level yaitu Less compression, Recommended Compression, dan Extreme Compression.

    Less Compression : Mengecilkan ukuran file PDF seadanya dengan kualitas terbaik.
    Recommended Compression : Mengecilkan ukuran dan kualitas PDF yang seimbang.
    Extreme Compression : Mengcompress dengan kualitas rendah tetapi ukuran yang kecil.
  5. Pilih salah satu level yang inign kamu pakai. Saya sarankan yang level Recommended Compress.
  6. Setelah itu klik Compress PDF.
  7. Tunggu sampai proses compress pdf selesai, setelah itu download file pdf yang telah dicompress.
    Cara Mengecilkan File PDF Menjadi 200kb Secara Online

Nah, itu dia 2 website yang saya recomendasikan untuk Mengecilkan File PDF Menjadi 200kb Secara Online. Dari 2 website ini memiliki hasil yang variatif. Hal ini tergantung dari size, isi dari PDF yang ingin di kompress. Tutorial ini saya bagikan berdasarkan pengalaman pribadi yang pernah mengcompres file pdf secara online.

Tidak ada komentar